PT KONTAK PERKASA

Pelemahan Dolar AS Dorong Kenaikan Harga Emas Global

PT KONTAK PERKASA FUTURES BALI 09/07/2018 – Harga emas global bergerak naik menjelang siang ini. Kenaikan ini didorong pelemahan dolar Amerika Serikat (AS) seiring dengan rilis terbaru data  ketenagakerjaan AS yang mengecewakan

Pada Senin (9/7/2018) pukul 11:30 WIB, Harga emas 100 gram COMEX kontrak berjangka naik 0,40% ke US$1.256,28/troy ounce.

Pelemahan Dolar AS Dorong Kenaikan Harga Emas Global

Per Juni 2018, AS hanya berhasil menciptakan lapangan kerja baru sekitar 177.000, lebih kecil dari konsensus pasar di kisaran 190.000.

Tidak hanya itu, jumlah warga AS yang mengajukan klaim tunjangan pengangguran meningkat secara tidak terduga sebanyak 3.000 orang ke 231.000 pada pekan lalu, mengutip data dari Departemen Tenaga Kerja AS.
 PT KONTAK PERKASA FUTURES
Nilai ini meleset jauh dari konsensus yang memperkirakan penurunan ke angka 225.000. Di sisi lain, angka pengangguran justru bergerak naik. Tingkat pengganguran di AS berada di kisaran pada periode Juni naik 0,2% ke posisi 4%.

Data-data ini mengindikasikan pasar tenaga kerja AS yang belum sepenuhnya pulih dan masih membutuhkan kebijakan moneter akomodatif.

Akibatnya dolar AS pun melemah karena muncul persepsi bahwa the Federal Reserve/The Fed tidak akan menaikkan suku bunga acuan hingga 4 kali tahun ini. Di tengah perang dagang melawan China, tingkat suku bunga acuan rendah memang menjadi opsi terbaik bagi perekonomian AS.

Pelemahan dolar AS pun mendorong harga emas global terkerek naik. Selain itu, tensi perang dagang antara AS dan China yang masih berkecamuk, membuat permintaan terhadap komoditas tersebut juga meningkat dan ikut berkontribusi kepada kenaikan komoditas tersebut

 PT KONTAK PERKASA FUTURES

Leave a comment