KONTAK PERKASA || Emas Mengalami Penurunan Mingguan Back-to-Back Dengan Penguatan Dolar

PT KONTAKPERKASA FUTURES BALI 20/03/2020 – Emas menuju penurunan mingguan back-to-back pertamanya sejak September lalu karena krisis coronavirus memicu minat terhadap risiko dan mendorong dolar ke level tertinggi sepanjang masa, dengan beberapa investor menjual aset haven tradisional untuk mengumpulkan uang guna meredam volatilitas ekstrem pasar global.

Bullion telah menghapus kenaikannya tahun ini meskipun ada pemotongan suku bunga darurat dan program pembelian aset oleh bank sentral secara global, termasuk langkah oleh Federal Reserve. Sementara rencana stimulus lebih lanjut mungkin berjalan, pedagang khawatir berapa lama penurunan ekonomi akan berlangsung sebagai pandemi menyebar di AS dan Eropa, dengan jumlah kematian di Italia melebihi penghitungan di Cina.

Bullion biasanya bergerak terbalik ke mata uang A.S., yang telah melonjak ke rekornya. Upaya terbaru oleh pemerintah dan bank sentral untuk mengurangi kerusakan akibat wabah tidak banyak membantu menenangkan pasar yang tertekan, dengan emas mengambil dorongan ke greenback sebagai tempat pilihan.

Emas – yang 0,5% lebih tinggi ke level $ 1,478.68 per ons pada jam 9:22 pagi di Singapura – turun 3,4% minggu ini setelah jatuh 8,6% minggu lalu, terbesar sejak tahun 1983. Indeks Spot Dolar Bloomberg menuju kenaikan terbesar mingguan.

Namun, sementara emas batangan sekarang lebih rendah dari tahun 2020, setelah turun lebih dari 2%, penurunan yang jauh lebih kecil daripada yang terlihat di saham global serta komoditas lain seperti minyak mentah dan tembaga. Brent telah lebih dari setengahnya tahun ini, dan ukuran ekuitas global telah turun 29%. (knc)

Sumber : Bloomberg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s